Jumat, 26 Oktober 2012

Bagaimana meminimalisir tawuran antar pelajar

Tawuran antar pelajar akhir-akhir ini sangat sering terjadi ,pemicunya bisa dari apa saja mulai dari dendam lama hingga karena masalah percintaan. Tawuran antar pelajar juga banyak menimbulkan korban, baik yang luka ringan bahkan sampai yang mengakibatkan kematian. Seperti yang baru saja terjadi beberapa waktu lalu,tawuran antar pelajar SMAN 70 dengan SMAN 6 yang terjadi di bundaran bulungan, Jaksel  mengakibatkan 1 orang tewas. Korban tewasd bernama Alawi yang bersekolah di SMAN 6, korban tewas akibat luka sabetan didadanya.

Tawuran antar pelajar sebenarnya dapat diminimalisir dengan peran orang tua dan sekolah yang selalu memperhatikan anak dan murid-muridnya. Misalnya, orang tua yang selalu aktif berbicara kepada anaknya setiap hari seusai anak pulang sekolah, buat anak agar mau berbicara lebih pada anda supaya kita bisa tau apa saja yang dilakukan mereka disekolah. Ini dilakukan untuk membuat tenang hati anak anda , karena dengan begitu mereka merasa diperhatikan.

Kemudian,pihak sekolah juga sangat berpengaruh terhadap peran tawuran antar pelajar. Semisalkan sekolah harus sering-sering memantau siswanya dan harus memberikan sanksi yang tegas apabila anak murid nya terlibat tawuran. Pihak sekolah juga jangan membela pelajar yang terlibat tawuran,karena dampaknya akan sangat besar,pelajar beranggapan kalau mereka  melakukan tawuran tidak akan ditangkap karena adanya perlindungan dari pihak sekolah.

Menteri  Pendidikan dan kebudayaan M.Nuh mempunyai beberapa solusi nya, yang pertama polisi diminta lebih sering melakukan pemantauan apabila ada barang yang mencurigakan dibwa oleh pelajar harus langsung di razia. Kedua, kepala sekolah dan guru juga diminta aktif untuk mencermati perilaku anak didiknya dan melakukan pendampingan yang efektif,juga sekolah tidak boleh lepas dari tangung jawab.

sumber : 
http://nasional.kompas.com/read/2012/10/02/20355384/Komite.Sekolah.Jangan.Bela.Siswa.Tawuran
http://nasional.kompas.com/read/2012/09/27/10404383/Ini.Solusi.Sementara.Antisipasi.Tawuran.dari.Mendikbud

Tidak ada komentar:

Posting Komentar