Selasa, 02 April 2013

Objek Wisata Gunung Kunci, Sumedang



     Wisata Alam Gunung Kunci merupakan salah satu andalan obyek wisata yang dimiliki Kabupaten Sumedang, terletak tidak jauh dari Kota Sumedang, sekitar 200 meter dari Alun-Alun Sumedang ke arah Barat. Wisata Alam Gunung Kunci merupakan bukit yang berada di sekitar Kota Sumedang, sehingga bila kita berada di puncak bukit akan terbentang pemandangan kota secara keseluruhan, ditumbuhi dengan tingginya pohon-pohon pinus dan sejuknya udara khas Kota Sumedang memberi warna tersendiri bila melepas penat untuk menikmati suasana asrinya alam ini.















     Gunung kunci merupakan sebuah bukit kecil yang terletak sekitar  250 m sebelah barat dari alun-alun kota Sumedang. Gunung Kunci berada diantara dua ruas jalan utama, sehingga memudahkan akses  kita untuk kesana. Situs yang cukup banyak pengunjungnya ini dilengkapi dengan areal parkir di bagian selatannya. Secara administratif, situs ini masuk dalam wilayah Gunung Panjunan, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Sumedang Selatan Secara astronomis terletak pada koordinat 6º51’21” LS dan 107º55’00” BT.








      Dengan membayar retribusi sebesar Rp3.000,00 untuk orang dewasa dan Rp2.000,00 untuk anak-anak di pos pintu masuk kawasan Wisata Alam Gunung Kunci, kita bisa langsung mulai memasuki gunung/bukit ini dengan jalan setapak yang sudah di perkeras secara permanen.

Bukit yang pada permukaannya ditanami dengan pepohonan pinus oleh Perhutani ini mempunyai kandungan arkeologis yang cukup penting.  Tinggalan arkeologis tersebut adalah Benteng Kunci yang dibangun pada masa Kolonial Belanda, Benteng dibangun dengan bahan beton.
















Benteng Belanda (Kunci), dibangun tahun 1914-1917 oleh Belanda pada masa Pemerintahan Bupati Sumedang Pangeran Aria Soeria Atmadja (1883-1919). Luas Bangunan kurang lebih 2.600 m2, terdapat goa/bungker dengan luar kurang lebih 450 m2.

Benteng ini merupakan benteng pertahanan yang terdiri dari:
  1. Lantai I: Ruangan Prajurit.
  2. Lantai II: Ruangan Perwira.
  3. Lantai III: Benteng Pertahanan, dengan bangunan seperti motor boat (70m x 30m).
Secara keseluruhan sarana dan prasarana di dalam wisata sudah bagus sejak mengalami renovasi pada tahun 2006, dari mulai pintu gerbang masuk kawasan, jalan setapak, gapura, hingga sarana toilet umum telah tersedia, ditambah dengan adanya warung untuk sekedar pelepas dahaga dan lapar pun ada secara terbatas. Namun,sangat disayangkan minat pengunjung akan objek wisata ini masih kurang karena pengunjung yang datang sedikit.

sumber :
http://www.raddien.com/2011/05/wisata-alam-gunung-kunci-sumedang.html
 http://disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=102


1 komentar:

  1. sayang sekarang Gunung Kunci ini agak kurang terurus, sarana bermain anak banyak yang rusak, pagar yang jebol, sampai semak2nya pun banyak yang meninggi karena tidak dipangkas, mudah2an kedepannya ada perbaikan...selain di Gunung Kunci, benteng belanda juga terdapat di tempat lain di Sumedang, salah satunya di Gunung Palasari

    BalasHapus