Selasa, 20 Desember 2011

Teori Organisasi Umum 02

1) PEMBAGIAN KERJA PADA SUATU ORGANISASI
Pembagian kerja pada suatu organisasi masih berlaku, sebab apabila semua pekerjaan di pegang hanya pada satu orang misalkan adalah ketua dari organisasi tersebut, maka pasti organisasi tersebut tidak akan bisa berjalan dengan maksimal bahkan bisa terjadi kematian kegiatan dari organisasi tersebut. Makanya pembagian kerja pada suatu organisasi masih berlaku.

2) CONTOH KASUS SEDERHANA MENGENAI STANDARISASI DAPAT MENDORONG KOORDINASI.
Kesepakatan yang dibuat diawal pembentukan tim organisasi dapat mempermudah tim untuk berkoordinasi dengan baik antara sesama anggota organisasi. Contohnya : koordinasi yang dilakukan antara ketua dengan anggotanya untuk saling terbuka dalam melakukan suatu kegiatan dapat mempermudah berkembangnya koordinasi antara sesama anggota organisasi, karena untuk dapat saling berkoordinasi dengan baik harus ada saling keterbukaan antara satu dengan yang lain. Karena akan menyulitkan jika ada anggota yang tidak dapat dipercaya , hal ini akan mempengaruhi kinerja tim dan juga gerak social tim .

3) Jika terdapat bentuk organisasi seperti di bawah ini :


a)Berapa arus hubungan komunikasi ?
menurut J.E Walters, jumlah arus tata hubungan tersebut bisa dicari dengan menggunakan rumus sebagai berikut :
R = N ( N - 1 )
Di mana :

R adalah Relationship yaitu tata hubungan yang terjadi sebagai akibat bertambahnya jumlah orang yang melakukan komunikasi.

N adalah Number yaitu jumlah artinya jumlah orang yang ada dalam organisasi atau jumlah anggota organisasi atau bias juga jumlah unit kerja dalam organisasi.

Jadi rumus tersebut di atas menjelaskan secara matematis bahwa jumlah tata arus hubungan ayang ada dalam suatu organisasi sama dengan jumlah orang-orang yang ada dalam organisasi dikalikan jumlah tersebut dikurangi satu.
Sebagai contohnya lihat pada gambar diatas : Pada gambar diatas bias diketahui bahwa jumlah orang yang ada dalam organisasi adalah 5 orang sehingga jumlah arus tata hubungannya adalah sebagai berikut :

R = 5 ( 5 - 1 )
= 5 x 4
= 20

b) Lengkapi gambar tersebut dengan garis arus hubungan komunikasi !



4) ARTI KOMUNIKASI ADALAH PROSES PENYAMPAIAN KETERANGAN
Komunikasi merupakan suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu.

5) Organisasi menggunakan formalisasi akan memperoleh keuntungan-keuntungan

Formalisasi. Sejauh mana pekerjaan-pekerjaan di dalam organisasi dibakukan.sehingga tercapai.kesepakatan antar anggota di dalam organisasi tersebut untuk membentuk satu perencanaan baru.
keuntungan- keuntungannya adalah
• Meningkatkan kinerja lingkungan perusahaan
• Memperbaiki manajemen organisasi dengan menerapkan perencanaan, pelaksanaan, pengukuran dan tindakan perbaikan (plan, do, check, act)
• Mengurangi risiko usaha
• Meningkatkan komunikasi internal dan hubungan baik dengan berbagai pihak yang berkepentingan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar